Memasuki Puncak Musim Hujan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus memantau potensi hujan

Memasuki Puncak Musim Hujan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus memantau potensi hujan.
Memasuki Puncak Musim Hujan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus memantau potensi hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus memantau potensi hujan yang dapat dikatakan ekstrem belakangan ini. Terutama di wilayah ibu kota dan sekitarnya, yang mulai memasuki puncak musim hujan.

Kepala Humas BMKG Harry Tirto Djatmiko menyatakan, puncak musim di suatu daerah berbeda-beda sehingga tidak dapat disamaratakan. Untuk Jakarta sendiri, itu akan dimulai bulan Desember.
“Semuanya secara bertahap ya, nanti Jakarta akan terjadi peningkatan hujan puncaknya bulan Desember, lalu Januari dan Februari tahun mendatang,” katanya.

Hary menjelaskan jika suatu daerah potensi hujan secara bulanannya terjadi dengan intensitas menengah ke tinggi maka perlu diwaspadai potensi hujan hariannya. Sebab, hujan bisa terjadi pada intensitas lebat-sangat lebat bahkan ekstrem.

“Ini yang dapat berdampak genangan atau banjir terutama di daerah-daerah yang merupakan langganan genangan atau banjir seperti daerah dataran rendah, cekungan dan bantaran kali atau sungai,” jelas Harry.

Sementara, untuk dampak longsor atau banjir bandang dapat terjadi di daerah-daerah dataran tinggi seperti perbukitan, lereng-lereng dan pegunungan, dengan tingkat pergerakan tanah yang menengah ke tinggi sesuai info yang dikeluarkan oleh Badan Geologi.

“Kami terus memonitoring, diharapkan warga dapat terus update mengenai cuaca tiap harinya, dan menjaga keselamatan,” ungkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM mengusulkan agar harga khusus gas untuk pembangkit listrik PLN segera diterapkan

Bima Sakti harus bisa diperbaiki tiga kekurangan timnas indonesia dalam waktu singkat

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 3345101 Rest Area KM 229B Kanci – Pejagan arah Jakarta saat ini sudah beroperasi selama satu bulan